Memulai Usaha ES Krim
Marina Es Krim adalah awal usaha es krim yang akan saya bangun. Marina es krim ini milik seorang teman yang bernama Bapak Damis. Saya mengawali usaha ini disekitaran tahun 2013an yang lalu. Awal sebelum menjadi pegawai tetap saya diajak oleh Bapak saya saat Marina Es Krim mendapat order. Disitu saya memulai belajar dari menata gelas Es, mengisi gelas dengan isian, memberi sendok dan mencuci gelas. Setelah berjalan sekitar beberapa kali pesanan. Akhirnya saya belajar mengisi es ke gelas saji.
Mbah Bedjo adalah bapak dari pak Damis. Beliau adalah yang membawa es krim dari Surabaya ke Trenggalek. Dulu es tong namanya, buakan es krim sperti saat ini. Kenapa bisa begitu? Iya, jawabannya simple sekali. Karena saat jualan Mbah Bejdo memukul kenong yang digantung di gerobak esnya dan berbunya Tong..Tong...Tong. Begitulah ceritanya kenapa Namanya dulu Es Tong bukan Es Krim.
Tahun berganti tahun Es Tong mulai ditinggalkan karena sudah berganti trend. Ice Cream / Es Krim itulah trend pada saat Pak Damis memulai usaha Marina Es Krim dengan menjual menggunakan metode Rumahan, Hajatan. Karena model penjualan ini lebih menjanjikan, serta banyaknya permintaan dari pelanggan yang memilih atau menggunakan Es Krim sebagai sajian di acara hajatan.
Marina Es Krim yang saya tahu dulu sekitar 350rb an, sekarang suidah 400rb an. Harga ini sebenarnya tidak mahal bahkan bisa digolongkan murah. Kenapa bisa begitu? Ya, pastilah. 400rb = 200an gelas/saji. Dimana tuan rumah sudah tidak perlu repot menyipkan apa-apa tinggal menemani tamu es krim sudah disajikan. Tidak perlu repot butuh banyak tempat sampai tidak butuh banyak pelayan atau pembantu saat hajatan. Meski bila banyak pelayan atau pembantu saat hajatan pasti semakin cepat.
Dari sini saya ingin menjualkan eceran di pinggir jalan atau dijajakan keliling melihat sikon. Tapi sementara waktu masih belum berjalan karena masih dalam perencanaan. Semoga beberapa hari kedepan segera terealisasi. Insyaallah.
Mbah Bedjo adalah bapak dari pak Damis. Beliau adalah yang membawa es krim dari Surabaya ke Trenggalek. Dulu es tong namanya, buakan es krim sperti saat ini. Kenapa bisa begitu? Iya, jawabannya simple sekali. Karena saat jualan Mbah Bejdo memukul kenong yang digantung di gerobak esnya dan berbunya Tong..Tong...Tong. Begitulah ceritanya kenapa Namanya dulu Es Tong bukan Es Krim.
Tahun berganti tahun Es Tong mulai ditinggalkan karena sudah berganti trend. Ice Cream / Es Krim itulah trend pada saat Pak Damis memulai usaha Marina Es Krim dengan menjual menggunakan metode Rumahan, Hajatan. Karena model penjualan ini lebih menjanjikan, serta banyaknya permintaan dari pelanggan yang memilih atau menggunakan Es Krim sebagai sajian di acara hajatan.
Marina Es Krim yang saya tahu dulu sekitar 350rb an, sekarang suidah 400rb an. Harga ini sebenarnya tidak mahal bahkan bisa digolongkan murah. Kenapa bisa begitu? Ya, pastilah. 400rb = 200an gelas/saji. Dimana tuan rumah sudah tidak perlu repot menyipkan apa-apa tinggal menemani tamu es krim sudah disajikan. Tidak perlu repot butuh banyak tempat sampai tidak butuh banyak pelayan atau pembantu saat hajatan. Meski bila banyak pelayan atau pembantu saat hajatan pasti semakin cepat.
Dari sini saya ingin menjualkan eceran di pinggir jalan atau dijajakan keliling melihat sikon. Tapi sementara waktu masih belum berjalan karena masih dalam perencanaan. Semoga beberapa hari kedepan segera terealisasi. Insyaallah.


Tidak ada komentar: